Peng. Teknologi Sistem Cerdas 3.2
NAMA : EDWARD EVBERT A
NPM : 17117369
KELAS : 3KA20
Sistem Pakar Terdiri dari 4 bagian utama :
NPM : 17117369
KELAS : 3KA20
Bagian-bagian Utama dari Sistem Pakar
Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli.
- User interface, memungkinkan pemakai utk berinteraksi dgn sistem pakar.
- Knowledge base, menyimpan akumulasi pengetahuan dr masalah yg akan diselesaikan.
- Inference engine, menyediakan kemampuan penalaran yg menafsirkan isi knowledge base.
- Development engine, pakar dan analis sistem menggunakan ini utk menciptakan sistem pakar.
Contoh dari sistem pakar
Pak Agus nasabah bank B. Pak Agus akan meminjam uang untuk membeli rumah. Di bank B pak Agus menanyakan ke bagian informasi dan disarankan untuk menuju ke lantai 3 di kantor manajer installment loan. Di kantor ini, pak Agus mengutarakan maksudnya untuk meminjam uang dan akan dibayar angsuran tiap bulannya bervariasi besarnya tergantung dari penghasilannya. Manajer installment loan menolak karena pinjaman di bagian ini harus dibayar angsuran yang nilainya sudah tetap ditentukan di muka. Manajer ini mengatakan bahwa pak Agus salah tempat menemui dia dan menyarankan ke lantai 5 di kantor manajer mortgage loan. Sesampainya disana, pak Agus mengutarakan kembali maksudnya untuk meminjam uang dengan membayar secara angsuran. Manajer ini setuju tetapi pak Agus harus meninggalkan sertifikat tanahnya sebagai agunan. Sebaliknya pak Agus tidak setuju karena dia akan menggunakan sertifikat tanah ini untuk keperluan yang lain. Manajer mortgage loan menyarankan pak Agus untuk menemui kepala cabang di lantai 1. Pak Agus turun ke lantai 1 bukannya menemui kepala cabang tetapi bank lain yaitu Y di seberang jalan.
Di bank C pak Agus ditemui oleh seorang pegawai bank yang mempersilahkan dia duduk. Setelah pak A mengutarakan maksudnya, tak lama kemudian setelah pegawai menggunakan komputer dihadapannya, pegawai tersebut menyetujui pinjaman pak Agus.
Beda bank B dan bank C
Untuk bank B kepandaian atau pengetahuan (knowledge) dimiliki di masing-masing manajer. Dan jika pak Agus menemui manajer yang pengetahuannya lain yang tidak sesuai dengan permasalahannya, pak Agus salah alamat dan harus menemui manajer lain yang sesuai.
Untuk bank C, pengetahuan dari manajer-manajer bersangkutan dimasukkan dan berada di dalam sistem komputer dalam bentuk basis data pengetahuan (knowledge base).
Comments
Post a Comment